Latihan Dasar Kepemimpinan siswa (LDKS) SMP Abu Manshur

Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepemimpinan bakal calon pengurus osis tahun ajaran 2023/2024, SMP Abu Manshur mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan siswa (LDKS) selama 3 hari pada tanggal 28 Agustus s/d 29 Agustus 2023.

LDKS ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan pengurus osis sebagai panitia acara.
Pada hari pertama, Senin 28 Agustus 2023, LDKS diawali dengan pembukaan yang secara resmi dibuka oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yakni Bpk. Musthofa, S.Pd.I., Beliau menyampaikan bahwa LDKS merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat yang diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepemimpinan siswa. Dengan begitu siswa kelas VIII yang nantinya akan terpilih sebagai pengurus Osis sudah memiliki jiwa dasar dasar kepemimpinan.

Kegiatan selanjutnya, siswa kelas VIII menyimak materi yang disampaikan oleh beberapa pemateri. Materi pertama tentang Etika dan Kepribadian pemimpin yang disampaikan oleh Ibu Fatimah Ma'rifiannah, S.Pd.I, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Materi yang kedua disampaikan oleh Bpk. Musthofa, S.Pd.I tentang Wawasan wiyata mandala dan kegiatan kesiswaan. Dan materi yang terkahir disampaikan oleh Bpk. Ahta Abdul Mursyid, S.Ag tentang Pemecahan Masalah.

Pada hari kedua, Selasa 29 Agustus 2023, kegiatan LDKS diawali dengan apel pagi bersama di halaman sekolah. Selanjutnya, siswa kelas VIII melanjutkan menyimak beberapa materi yang disampaikan.
Materi yang pertama tentang ke-Osisan, Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan, serta teknik penyusunan proposal dan laporan kegiatan yang disampaikan langsung oleh pembinan Osis SMP Abu Manshur Bpk. Hangga Ratasema, S.Sos. Selanjutnya materi teknik musyawaroh dan diskusi oleh Ibu Muawanah, S.Pd., dan terakhir tentang Character Building oleh Bpk. Musthofa, S.Pd.I.,

Hari ketiga, Rabu 30 Agustus 2023 merupakan hari terakhir dari kegiatan LDKS. Kegiatan LDKS ini di tutup dengan kegiatan Haiking/Longmarch di lingkungan sekitar sekolah dimana selama perjalannya siswa kelas VIII dilatih kemampuan dan wawasannya mengenai Kepemimpinan Dasar dan keorganisasian yang bersangkutan, serta diselingi beberapa permainan yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan tanggungjawab siswa. Setelah itu siswa kembali ke sekolah dan mengikuti penutupan kegiatan LDKS.

Dengan berakhirnya hari ketiga LDKS, maka siswa siwi SMP Abu Manshur diharapkan mampu dan siap menjadi Siswa siswi yang memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap Dirinya sendiri maupun Orang lain di sekitarnya.

 
 
 
 
 
  


Share: