Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) MA Al-Musyawirin PP Abu Manshur 1

Dalam rangka menumbuhkan jiwa pemimpin yang tangguh, inovatif, bertanggung jawab dan berakhlak mulia, bakal calon pengurus osis tahun ajaran 2023/2024, MA Al-Musyawirin PP Abu Manshur mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan siswa (LDKS) selama 2 hari pada tanggal 01 September s/d 02 September 2023.
 
LDKS ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan pengurus osis sebagai panitia acara.
Pada hari pertama, Jum’at 01 September 2023, LDKS diawali dengan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan pembukaan yang secara resmi dibuka oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yakni Bpk. Abdul Nasir Mukhsin, S.Pd.I.. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa LDKS merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat yang diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepemimpinan siswa. Dengan begitu siswa kelas XI yang nantinya akan terpilih sebagai pengurus Osis sudah memiliki jiwa dasar-dasar kepemimpinan.
 
Kegiatan selanjutnya, siswa kelas XI menyimak materi yang disampaikan oleh beberapa pemateri. Materi pertama tentang pendidikan bela Negara yang disampaikan oleh Ust. Ahta Abdul Mursyid Husni Mubarok, S.Ag.

Materi yang kedua disampaikan oleh Ust. Abdul Nasir Mukhsin, S.Pd.I tentang Kepemimpinan . Dan materi yang terkahir disampaikan oleh Bpk. Asep Munandar, S.Kom, tentang memahami keorganisasian.
 
Hari kedua, Sabtu 02 September 2023, merupakan hari terakhir dari kegiatan LDKS diawali dengan melaksanakan sholat dhuha berjamaah. Selanjutnya, siswa kelas XI dan panitia kelas XII melanjutkan kegiatan LDKS yakni dengan melaksanakan kegiatan di luar sekolah dengan konsep pos-posan, yang mana di pos-posan ini anak-anak dilatih kemampuan dan wawasannya mengenai Kepemimpinan Dasar dan keorganisasian yang bersangkutan, serta diselingi beberapa permainan yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan tanggungjawab siswa. Setelah itu siswa kembali ke sekolah dan mengikuti penutupan kegiatan.
 
Dengan berakhirnya hari kedua LDKS, maka siswa siwi MA Al-Musyawirin PP Abu Manshur 1 diharapkan mampu dan siap menjadi siswa siswi yang memiliki jiwa pemimpin yang tangguh, inovatif, bertanggung jawab dan berakhlak yang mulia, terhadap dirinya sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

 
 
Share: