Kajian Ilmu Ba'da Subuh Selasa, 3 November 2020 bersama As-Syaikh Dr. Ammar Azmi Al-Jailani Al-Hasani



Diantara pelajaran yang disampaikan oleh As-Syaikh Dr. Ammar Azmi Al-Jailani Al-Hasani pada Kajian ilmu ba'da subuh hari Selasa, 3 November 2020 di Musholla Ponpes Abu Manshur.
A. Ada empat (4) hal penting yg harus diperhatikan para pencari ilmu disaat belajar bersama Guru agar berhasil mendapatkan anugrah ilmu dari Allah SWT. 

1. Mata
Disaat sedang belajar hendaknya seorang murid fokus melihat Gurunya saat menjelaskan materi pelajaran yg Guru sampaikan. Tidak boleh seorang santri matanya menoleh ke kanan ke kiri kesana kemari, tidak fokus pada apa yang disampaikan gurunya. 

2. Telinga
Seorang santri harus menggunakan telinganya untuk fokus mendengarkan penjelasan yang disampaikan gurunya. Bahkan meskipun penjelasan itu seandainya sudah didengarnya lebih dari 70X, ia harus tetap fokus mendengarkan seperti seakan-akan baru pertama kali mendengarkan penjelasan tersebut.

3. Mulut/ lisan
Seorang santri haruslah berani bertanya pada materi pelajaran yang ia tidak memahaminya agar ia bisa paham dengan materi tersebut. Santri tidak boleh terdiam saja dengan sesuatu yang ia tidak pahami. 

4. Tangan
Seorang santri harus menggunakan tangannya untuk mencatat hal-hal penting dari apa yang disampaikan atau dijelaska oleh Gurunya. 

5. Seorang pelajar/Santri jika ingin mendapatkan ilmu, maka ketika datang ke tempat belajar atau pengajian harus datang dengan rasa membutuhkan ilmu tersebut. Seseorang tidak akan mendapatkan ilmu jika ia datang ke majelis ilmu dengan perasaan bahwa ia sudah tidak butuh lagi dengan ilmu tersebut.

6. Dalam mencari ilmu, seseorang haruslah dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT. Dan orang yg mendapatkan ilmu harus menyertakan ilmunya dengan rasa takut dan khawatir kepada Allah SWT. Bukan seperti iblis, ia adalah makhluk yang mempunyai ilmu tinggi namun ilmunya tidak disertai rasa takut kepada Allah SWT sampai iblis tidak mau menuruti perintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Nabi Adam sehingga ia terlaknat dan dijauhkan dari rahmat Allah SWT.




Share: