Pelajaran Matematika Itu Menyenangkan


       Ternyata belajar matematika itu asyik dan menyenangkan lho… Ada yang bilang belajar matematika itu sulit, mumet, BeTe , tidak tahan lama-lama. Kalaupun belajar matematika itu susah, mungkin frekuensi belajar dan latihannya kurang. Kalau begitu pantas saja terasa sulit. Apapun bisa sulit kalau tidak dicoba dan dilatih. Jangan merasa tidak bisa sebelum belajar, mencoba dan melatihnya.



       Adapun beberapa tips yang dapat kita tempuh agar kita mampu menguasai Matematika:

1. NIAT
       Semua hal berawal dari niat, dalam belajar matematika, janganlah kita belajar matematika hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus sebagai syarat lulus mata ujian Matematika. Karena hal ini berarti jika kita telah melewati ujian/test, maka kita akan meninggalkan dan melupakan materi yang telah kita pelajari tersebut. Niatkan belajar matematika untuk menambah pengetahuan kita. Karena dengan belajar matematika, daya nalar otak kita akan terasah dengan baik sehingga mudah untuk menerima pelajaran yang lainnya.

2. CINTAI MATEMATIKA
        Mempelajari sesuatu akan lebih mudah jika kita mencintainya terlebih dahulu. Bagaimana mau mencintai matematika jika kita tidak mengenalnya? Maka langkah kedua adalah kita harus mengenal apa itu matematika, apa fungsi matematika bagi kehidupan sehari hari. Jika kamu sudah mengenalnya, maka kamu akan tahu bahwa matematika memang sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Contoh sederhananya, ketika tukang bangunan membuat sebuat fondasi rumah, maka dia harus menghitungnya secara teliti agar pondasinya tidak timpang , maka digunakanlah beberapa rumus matematika. Bahkan ketika kita menghitung uang jajan, maka kita harus menghitungnya menggunakan matematika, bukan? Sungguh tak mungkin kita bisa hidup jauh dari matematika. Maka tanamkanlah dalam pikiran kita bahwa matematika itu sesuatu yang berguna, indah, menarik dan sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk dipecahkan.

3. BERDO'A
       Sebelum kita mulai mempelajari matematika, awali dengan berdoa agar Allah SWT memberi kemudahan bagi kita untuk memecahkan setiap persoalan yang terdapat pada materi yang kita pelajari.

4. BANYAK LATIHAN dan BELAJAR

       Ketiga hal di atas akan sangat tidak berguna jika ujung-ujungnya kamu tidak mengambil langkah untuk segera belajar serta banyak latihan dengan rajin dan konsisten. Kadang kala ada masanya kita semangat sekali untuk belajar, namun ada juga masa dimana terasa malas sekali untuk belajar. Maka dalam hal ini, dibutuhkan kedisiplinan serta kekonsistenan selama mempelajari matematika.



5. PANTANG MENYERAH
       Putus Asa merupakan penyakit yang paling sering ditemui setiap orang ketika berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Ketika kita belajar matematika, hindari sejauh mungkin kata putus asa. Ketika kita menemukan soal yang rumit, maka segera minta bantuan ke guru matematika atau ke teman yang sudah memahami. Sebisa mungkin jauhkan diri dari mengucapkan kata “Aku Tak Bisa” karena hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan. Ketika kamu merasa bahwa kamu tidak bisa mengerjakan soal matematika, maka katakan “Aku Pasti Bisa”!! Berilah semangat motivasi untuk diri sendiri, karena setiap permasalahan pasti ada pemecahannya. Sabar dalam belajar, sabar dalam memecahkan persoalan, sabar dalam melaksanankan segala sesuatu. Orang sabar disayang Allah. Selamat belajar matematika, semoga segala hal yang kalian pelajari akan berguna di kemudian hari.



Penulis : Nurbaeti, S.Pd.I


Share: